Jumat, 1 Maret 2024

Ini Cara Pemprov Jateng dan TNI AL Cegah Konflik Nelayan

Ali Muntoha
Kamis, 2 November 2023 14:27:00
Danlanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andiyanto bertemu Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Semarang – Konflik antarnelayan terkait wilayah tangkap sering terjadi. Beberapa waktu lalu, nelayan Juwana, Pati dan Jepara juga terlinbat konflik dengan nelayan di Perairan Kalimantan.

Untuk mencegah konflik antarnelayan ini berlarut Pangkalan TNI AL atau Lanal Semarang bersinergi dengan Pemprov Jateng. Salah satunya dengan menggencarkan sosialisasi zona tangkap ikan.

Danlanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andiyanto mengatakan jika wilayah kerja Lanal Semarang meliputi perairan laut utara Jawa Tengah hingga Pulau Bawean Jawa Timur. Sepanjang wilayah tersebut,  seringkali ditemukan masalah terkait zona tangkapan ikan.

Dia mencontohkan, kasus nelayan Juwana Pati dan Jepara yang menangkap ikan di perairan laut Kalimantan beberapa watu lalu.

”Di sana banyak perkumpulan nelayan. Kita akan sosialisasi terkait zonasi (tangkap ikan) untuk menghindari konflik,” katanya, usai bertemu Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Rabu (1/11/2023).

Joko menambahkan, sinergitas dengan Pemprov Jateng menjadi penting, mengingat Pj Gubernur Jateng pernah menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan nelayan di wilayahnya.

Sinergitas dengan Pemprov Jateng itu, lanjutnya, tidak hanya dalam sosialisasi wilayah tangkapan ikan, tetapi juga terkait beberapa program prioritas yang digencarkan oleh PJ Gubernur Jateng. Di antaranya, menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, mengapresiasi langkah Danlanal Semarang, dalam upaya melindungi nelayan dan menjaga ketahanan pangan.

Menurutnya, sinergitas itu diperlukan dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat. Sebab pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dan membutuhkan keterlibatan dari instansi dan pihak lain.

”Memang soal ketahanan pangan ini harus dilakukan bersama-sama. Perlindungan dan kesejahteraan nelayan juga harus menjadi prioritas,” pungkasnya.

Komentar