Jumat, 23 Februari 2024

Bea Cukai Semarang Kembali Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal

Anggara Jiwandhana
Kamis, 27 Juli 2023 06:04:00
Barang bukti yang diamankan Bea Cukai Semarang (Murianews/Bea Cukai Semarang)

Murianews, Semarang – Tim Patroli Penindakan dan Penyelidikan (P2) Bea Cukai Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), berhasil menggagalkan pendistribusian rokok ilegal menggunakan sebuah truk di Gerbang Tol Banyumanik, Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Senin (24/7/2023) kemarin.

Dua orang pria yang bertugas sebagai sopir dan kernet pun diamankan dalam penindakan itu. Mereka dibawa ke kantor untuk kemudian dimintai keterangan.

Kepala Kantor Bea Cukai Semarang Bier Budy Kismulyanto mengungkapkan, nilai barang yang berhasil dirampas tersebut diperkirakan sebesar Rp 1.773.315.000. Sementara potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan adalah sebesar Rp 1.215.384.885.

”Bea Cukai Semarang berkomitmen penuh dalam melakukan pemberantasan peredaran Barang Kena Cukai Ilegal. Dalam menjalankan tugasnya, Bea Cukai merangkul seluruh jajaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemberantasan Barang Kena Cukai Ilegal,” ucapnya Kamis (27/7/2023).

Sementara terkait kronologi, pihaknya mengungkapkan jika penindakan berawal dari TIM P2 yang mendapatkan informasi bahwa ada pengiriman rokok yang diduga ilegal melintas di wilayah kerja Bea Cukai Semarang menggunakan sarana pengangkut berupa Truk.

Atas informasi tersebut tim P2 Semarang melakukan patroli darat di sepanjang Ruas Tol Salatiga -Semarang. Ketika sudah didapati truk yang sesuai dengan ciri-ciri laporan, tim langsung melakukan penindakan.

”Keberhasilan penindakan ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi pihak-pihak yang berupaya melakukan perdagangan ilegal. Bea Cukai akan terus meningkatkan sistem pengawasan dan penindakan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan sejahtera bagi masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar