Senin, 4 Maret 2024

Kantor Pertanahan Brebes Terbakar, Ribuan Sertifikat Hangus

Budi Santoso
Jumat, 14 Juli 2023 14:27:00
Kebakaran Kantor Pertanahan Brebes dinihari tadi.(Facebook:Damkar Brebes)

Murianews, Brebes – Kantor Pertanahan Brebes terbakar membuat ribuan sertifikat tanah hangus terbakar. Fakta ini dikonfirmasi Kepala Kantor Pertanahan atau Kantor ATR/BPN Brebes, Siyamto.

Seperti dilansir Radar Tegal, Siyamto menyebut kebakaran yang terjadi membuat sejumlah ruangan hangus. Hal ini termasuk seluruh barang yang ada di dalam ruangan.

Ruangan yang terbakar disebutkan terjadi di Ruang Loket Layanan, dan Seksi Dokumen Pendaftaran Tanah. Akibatnya ada ribuan dokumen PTSL 2023 yang juga ikut hangus terbakar.

“Termasuk di dalamnya ada sertifikat-sertifikat yang sudah siap untuk diserahkan itu turut terbakar,” ujar Siyamto.

Untuk program PTSL tahun 2023, sudah ada sekitar 37.500 bidang tanah yang diproses sertifikatnya. Terakhir sudah ada sekitar 10 ribu sertifikat yang sudah jadi.

“Kurang lebihnya, dokumen atau sertifikat yang hangus terbakar kurang lebih ada 6 ribu yang sebetulnya sudah siap diserahkan,” tambah Siyamto.

Meski demikia, pihaknya meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan kejadaian ini. Meski fisiknya terbakar, data-data elektroniknya masih ada, sehingga bisa dicetak ulang.

“Masyarakat tidak usah panik, karena sertifikat PTSL yang terbakar hanya bentuk fisiknya saja. Sedangkan data elektronik masih ada, pihak BPN akan segera melakukan pencetakan kembali,” jelasnya.

Paska kebakaran, Kantor Pertanahan Brebes kini sedang melakukan Upaya pemulihan dalam layanannya. Berkoordinasi dengan pemkab, akan dicari tempat sementara yang bisa digunakan untuk pelayanan.

Komentar