Jumat, 1 Maret 2024

Basarnas Kerahkan Tim Spesial untuk Selamatkan 8 Penambang Emas

Cholis Anwar
Sabtu, 29 Juli 2023 12:05:00
Tim Elite Basarnas saat melakukan rapat koordinasi (Dok. Basarnas CIlacap)

Murianews, Banyumas – Tim Basarnas terus berupaya mencari keberadaan 8 penambang yang terjebak di lubang galian emas di Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Banyumas. Proses pencarian memasuki hari keempat, dan sudah ratusan relawan yang terlibat dalam operasi penyelamatan ini.

Namun, kendala kondisi medan yang sulit dan air yang belum surut sepenuhnya masih menjadi tantangan bagi tim SAR gabungan untuk memasuki lubang dengan kedalaman diperkirakan mencapai 60 meter.

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap yang bertindak sebagai pemimpin dalam operasi SAR ini mengatakan, pada hari keempat ini, tim SAR menerima tambahan personel dari pasukan elite Basarnas, yaitu 1 tim dari Basarnas Special Group (BSG) yang terdiri dari 10 personel.

”Tim personel bertambah dengan kedatangan 1 tim dari Basarnas Special Group (BSG) yang berjumlah 10 orang,” ujar Adah mengutip Detikjateng.com, Sabtu (29/7/2023).

Rencana operasi hari ini adalah membagi tim SAR gabungan menjadi 6 kelompok kerja. Mereka akan fokus bertugas di titik-titik yang diduga menjadi sumber rembesan air.

”Sektor kerja antara lain di titik galian Bogor dengan menggunakan 5 pompa air submersible, di galian Dondong menggunakan 2 pompa air submersible, di Sumur 1 menggunakan 2 pompa air submersible, di Sumur 2 menggunakan 1 pompa air submersible,” papar Adah.

Kemudian di Bendungan Sungai menggunakan 1 pompa air submersible, dan di Galian Majenang menggunakan 2 pompa air submersible.

Dengan adanya tambahan personel dari BSG, hingga pagi ini, total sebanyak 220 relawan ikut terlibat dalam operasi SAR pencarian delapan penambang yang terjebak di lubang galian emas tersebut.

Adah berharap bahwa pada hari ini, tim SAR dapat menemukan kemudahan dan kelancaran dalam proses evakuasi serta selalu diberikan kesehatan kepada seluruh unsur SAR yang terlibat dalam upaya penyelamatan ini.

Komentar