Rabu, 28 Februari 2024

Pemkab Wonogiri Anggarkan Rp 10 Miliar Beasiswa Pendidikan

Cholis Anwar
Rabu, 6 September 2023 12:50:00
Ilustrasi beasiswa. (Pixabay)

Murianews, Wonogiri –  Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk meluncurkan program beasiswa bagi pemuda berprestasi. Rencananya, program ini akan diberikan kepada para pemuda yang masih menempuh jalur pendidikan.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menjelaskan, anggaran tersebut diharapkan dapat menjangkau sekitar 715 hingga 720 mahasiswa di kabupaten tersebut. Setiap penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan finansial senilai Rp 12 juta yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama masa kuliah.

”Proses pemilihan penerima beasiswa akan mengikuti mekanisme tertentu, dengan persyaratan bahwa mereka harus menjadi penerima beasiswa terdahulu,” terang Joko Sutopo.

Nilai beasiswa yang ditawarkan sama dengan program serupa yang telah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir. Joko Sutopo menjelaskan bahwa perhitungan ini didasarkan pada asumsi bahwa kebutuhan bulanan para penerima beasiswa sekitar Rp 1 juta.

”Kami masih dalam tahap perencanaan teknis. Kami akan menunggu tanggal pendaftaran yang akan segera diumumkan. Setelah semuanya final, kami akan mengumumkannya ke publik,” tambahnya.

Bupati Wonogiri menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Wonogiri sangat memperhatikan sektor pendidikan dan bahwa program ini merupakan salah satu prioritas utama.

Dalam konteks ini, peserta yang telah menerima beasiswa pada tahun sebelumnya juga berhak mengajukan kembali asalkan mereka memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

”Ada berbagai kriteria penilaian, termasuk tingkat partisipasi aktif dalam masyarakat. Saya berharap program ini akan merubah mindset anak-anak kita yang mendapat kesempatan pendidikan tinggi,” pungkasnya.

Komentar