Jumat, 1 Maret 2024

Gibran ke Amerika Serikat untuk Promosikan Potensi Kota Solo

Cholis Anwar
Kamis, 7 September 2023 11:28:00
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenakan jaket Piala Dunia U-20 saat rapat paripurna DPRD Solo, Rabu (29/3/2023). (Solopos.com/Kurniawan)

Murianews, Solo – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melakukan perjalanan dinas ke Amerika Serikat dengan tujuan mempromosikan potensi Kota Solo di sana. Pada perjalanan dinas ini, Gibran ditemani oleh istrinya, Selvi Ananda.

Kabag Protokol Komunikasi dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kota Solo, Herwin Nugroho, membenarkan perjalanan dinas Gibran ke Amerika Serikat tersebut. Menurut Herwin, Gibran telah memperoleh izin dari Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana, serta mendapatkan persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Luar Negeri.

”Iya, untuk mempromosikan potensi Kota Solo di Amerika,”ujar Herwin mengutip Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Gibran, yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi itu diizinkan untuk melakukan perjalanan dinas luar negeri mulai tanggal 7 September 2023 hingga pertengahan September 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, juga mengonfirmasi bahwa kunjungan Gibran ke Amerika Serikat adalah bagian dari upaya mempromosikan Kota Solo.

”Beliau mempromosikan Solo di Amerika,” kata Ahyani.

Ahyani juga mengungkapkan jika permintaan untuk kunjungan Gibran ke Amerika Serikat berasal dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di New York. Permintaan ini sudah disampaikan kepada Gibran sekitar enam bulan yang lalu, dan utusan dari KJRI New York bahkan datang langsung ke Balai Kota Solo untuk bertemu dengan Gibran.

”Kemungkinan yang mengundang KJRI di New York. Permintaan sudah sejak sekitar enam bulan lalu datang langsung ke Balai Kota,” ungkap Ahyani.

Komentar