Senin, 4 Maret 2024

Pompa Air Rusak Sebabkan Banjir di Kaligawe Semarang

Cholis Anwar
Selasa, 28 November 2023 16:04:00
Warga saat melintasi area Semarang yang tergenang banjir (Murianews/Tangkapan Layar)

Murianews, Semarang – Pompa air di Sungai Kali Sringin dan Kali Tenggang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), mengalami kerusakan lagi. Hal ini menyebabkan Jalan Raya Kaligawe-Genuk tergenang banjir pada Selasa (28/11/2023).

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan keprihatinannya terkait kondisi ini dan meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) segera memperbaiki pompa-pompa yang rusak.

”Tadi malam kami pantau Kali Tenggang hanya berjalan tiga pompa saja, lainnya rusak. Saya sudah bilang berkali-kali kepada BBWS Pemali Juana,” ujarnya saat meninjau lokasi banjir, mengutip Kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Karena banyaknya pompa yang rusak, pada Senin (27/11/2023) malam, Wali Kota menghubungi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaporkan kondisi tersebut.

Upaya penanganan banjir dilakukan dengan mendatangkan pompa mobile dari BBWS Pemali-Juana dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang.

”Mengirimkan satu lagi pompa dari BPBD Kota Semarang,” tambahnya.

Hevearita menegaskan bahwa jika semua pompa berfungsi dengan baik, banjir yang terjadi dapat lebih cepat tertangani.

”Sebenarnya kalau semua pompanya nyala, pasti lebih cepat karena sekarang ini juga ada dua di belakang RSI Sultan Agung,” katanya.

Wali Kota juga mengajak para pemangku kepentingan terkait untuk berkomitmen menangani permasalahan banjir di Kota Semarang. Selain itu, ia mengingatkan masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan.

”Kemarin-kemarin kami sudah berupaya terus-menerus dengan menggali sedimen-sedimen tetapi memang tadi malam curah hujan sangat tinggi, dan yang kena wilayah hanya ini saja atau yang urusannya Tenggang dan Sringin. Saya cek wilayah lainnya sudah aman,” ungkapnya.

Komentar