Jumat, 23 Februari 2024

Pengadaan Barang dan Jasa Rawan KKN, Pemprov Jateng Lakukan Ini

Cholis Anwar
Rabu, 29 November 2023 11:23:00
Pembukaan Rapat Koordinasi UKPBJ Tingkat Jateng (Murianews/Istimewa)

Murianews, Boyolali – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) menggelar rapat koordinasi Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) tingkat Provinsi Jateng sebagai langkah preventif menghadapi potensi tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) dalam pengadaan barang dan jasa.

Acara yang diadakan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno.

Sumarno menyampaikan urgensi peran UKPBJ dalam mencegah tindak pidana korupsi yang seringkali bermula dari pengadaan barang dan jasa.

Ia menekankan, pencegahan KKN menjadi tanggung jawab bersama, dan UKPBJ memiliki peran strategis dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas proses pengadaan.

”Sesuai arahan pemerintah pusat, kita telah menggunakan e-Katalog dan e-purchasing untuk meningkatkan transparansi dalam pengadaan barang dan jasa,” ujar Sumarno.

Ia menegaskan, penggunaan teknologi ini membantu mencatat jejak secara elektronik, sehingga pelaku kecurangan akan merasa terus-menerus diawasi dan takut ketahuan.

Sumarno juga mengingatkan agar UKPBJ tetap waspada terhadap upaya kolusi dari penyedia jasa. Ia menekankan bahwa Administrasi Pengadaan Barang/Jasa (APBJ) merupakan kunci utama, dan pembangunan kapasitas SDM dari APBJ menjadi langkah penting dalam mencegah praktik-praktik korupsi.

Sementara Kepala Biro Administrasi Pengadaan Barang/Jasa Provinsi Jateng, Yasip Khasani menjelaskan, rapat koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan visi dan persepsi terkait pengadaan barang dan jasa secara elektronik. Beberapa isu, seperti kematangan legalisasi, juga dibahas untuk menjamin standar kinerja pengadaan yang baik.

Yasip memberikan penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkinerja baik dalam memanfaatkan sistem informasi pengadaan sebagai langkah meningkatkan akuntabilitas barang dan jasa. Hasil dari acara ini diharapkan akan menghasilkan rekomendasi untuk langkah-langkah ke depan.

Komentar