Senin, 4 Maret 2024

Pj Gubernur Jateng Minta ASN Tingkatkan Pelayanan Publik

Cholis Anwar
Rabu, 29 November 2023 15:18:00
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat upacara peringatan HUT Korpri (Murianews/Istimewa)

Murianews, Semarang – Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jateng untuk meningkatkan pelayanan publik. Hal ini disampaikannya saat memimpin upacara peringatan Hari Kesatuan Republik Indonesia (Korpri) ke-52 di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (29/11/2023).

Dalam sambutannya, Nana Sudjana mengatakan, pelayanan masyarakat yang semakin baik menjadi dambaan masyarakat. Ia menyoroti beberapa isu penting yang perlu ditangani di Jateng, seperti penanganan kemiskinan ekstrem, upaya stabilisasi inflasi, dan penanggulangan masalah stunting yang menjadi prioritas pemerintah.

”Ini salah satu yang kami tangani (penanganan stunting) dalam program penanganan kemiskinan. Sebagaimana kita menekan dan memberi perlindungan kepada balita,” ujarnya.

Selain itu, Pj Gubernur juga memberikan perhatian khusus terkait netralitas ASN, terutama di masa kampanye yang sudah dimulai. Nana Sudjana mengungkapkan beberapa langkah yang diambil untuk menjaga netralitas ASN, termasuk ikrar netralitas dan pemberian sanksi bagi yang melanggar.

”Langkah kami, supaya ASN netral, kami selalu ikrar netralitas ASN, termasuk telah membuat surat edaran kepada OPD dan kabupaten/kota, bahwa ASN tidak boleh bermain politik praktis,” tegasnya.

Pemprov Jateng menyiapkan sanksi mulai dari ringan hingga berat bagi ASN yang melanggar aturan netralitas, termasuk pemecatan sebagai sanksi paling berat. Setiap Senin, ASN diwajibkan membacakan ikrar sebagai pengingat untuk mematuhi aturan tersebut.

Karena itu, pihaknya telah membentuk tim khusus yang terdiri dari personel Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan tim khusus untuk melakukan pengawasan terhadap ASN, terutama jika ada laporan pelanggaran.

Komentar