Senin, 4 Maret 2024

Tol Jogja-Solo Bakal Beroperasi saat Libur Nataru

Cholis Anwar
Kamis, 30 November 2023 11:58:00
konstruksi Tol Solo-Jogja (Dok Kementerian PUPR)

Murianews, Solo – Ruas jalan tol Jogja-Solo bersiap untuk beroperasi fungsional hingga exit tol Desa Kuncen, Kecamatan Ceper, Klaten, dalam rangka mengantisipasi arus mudik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kasat Lantas Polres Klaten, AKP Riki F Mubarok, menjelaskan bahwa rencana operasional ini telah melibatkan supervisi dengan Dirlantas, dan ada tiga poin penekanan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Klaten.

Salah satu poin utama adalah pembuatan pos pengamanan fungsional di Kuncen, Kecamatan Ceper, yang akan digunakan untuk mengamankan arus lalu lintas di exit tol Kuncen. Pos ini nantinya akan berfungsi sebagai pemecah arus dari tol Colomadu-Kartasura.

”Satu pos pengamanan fungsional rencananya digunakan untuk pos exit tol Ceper atau Karanganom. Satu pos itu yang akan digunakan untuk pemecah arus dari tol Colomadu-Kartasura,” ungkap Riki.

Rencananya, jam berlaku penggunaan ruas tol operasional akan ditentukan setelah koordinasi lebih lanjut dengan penyelenggara jalan tol dan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten. Pengoperasian ruas tol ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus di jalan Jogja-Solo, terutama di ruas Kartasura sampai Kecamatan Delanggu.

Muhammad Amin, General Manager Lahan PT Jasamarga Jogja-Solo (JMJ), menyatakan bahwa tol Jogja-Solo akan dioperasikan menyambut libur Nataru. Namun, operasionalnya baru akan mencakup sampai station (STA) 13, yaitu hingga exit tol Kuncen, Kecamatan Ceper.

”Baru sampai STA 13 atau sepanjang 13 kilometer. Yaitu sampai di exit tol Kuncen, Kecamatan Ceper, atau keluar ke jalan Jogja-Solo,” kata Amin.

Meskipun operasionalnya terbatas pada satu ruas, pengaturan arus lalu lintas akan mengikuti pola yang sama dengan saat arus mudik Lebaran, yaitu pembukaan arah H-7 ke arah Klaten dan H+7 ke arah Jakarta. Operasional tol ini hanya akan dilakukan pada pagi hingga sore, mengingat belum adanya penerangan di jalannya.

”Pengaturannya sama dengan saat arus mudik Lebaran, H-7 ke arah Klaten dibuka, H+7 ke arah Jakarta dibuka. Operasional hanya pagi sampai sore mengingat belum ada penerangan jalannya,” tambah Amin.

Komentar