Rabu, 28 Februari 2024

Lantik Tiga Pj Bupati, Nana Minta Pejabat Baru Harus Inovatif

Dani Agus
Minggu, 24 September 2023 18:17:00
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melantik tiga Pj bupati di Grhadhika Bhakti Praja, Semarang, Minggu (24/9/2023). (jatengprov.go.id)

Murianews, Semarang – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melantik tiga Pj bupati di Grhadhika Bhakti Praja, Semarang, Minggu (24/9/2023). Masing-masing, Bergas Catursasi Penanggungan sebagai Pj Bupati Kudus, Hary Agung Prabowo (Pj Bupati Temanggung), dan Hanung Cahyo Saputro (Pj Bupati Banyumas).

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menekankan beberapa hal pada tiga Pj bupati yang dilantik. Yakni, perlunya inovasi layanan pada warga, serta, penuntasan kemiskinan, stunting, pengangguran, pendidikan, hingga menyukseskan gelaran Pemilu 2024.

Nana menyebut, penjabat bupati yang dilantik hari ini harus tancap gas. Tidak sekadar melanjutkan program bupati sebelumnya, Pj gubernur ingin ada inovasi dan karya nyata. Hal itu dilakukan dengan melayani masyarakat secara optimal.

“Inovasi harus ada, jangan jalan ditempat, apalagi mundur. Kita juga harus terus melangkah. Jadi saya harapkan wujudkan kerja keras, berdedikasi, integritas, dan tanggung jawab,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nana menyebut ada sejumlah permasalahan yang menunggu untuk diselesaikan. Yang paling dekat adalah perubahan iklim, dan kondisi kekeringan El Nino yang berdampak pada naiknya harga kebutuhan pokok.

Ia ingin, selama menjabat hingga setahun ke depan, tiga Pj bupati itu dapat mempersiapkan dengan benar terkait hal tersebut. Sehingga, bila nanti terjadi kondisi serupa, tidak akan membebani perekonomian masyarkat.

”PR (pekerjaan rumah) yang saya minta ke penjabat adalah penurunan angka kemiskinan, penuntasan stunting, pengangguran, pendidikan, yang terutama pilkada. Tahun ini masuki tahun politik, tingkatkan situasi kondusif dan soliditas,” paparnya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar para Pj bupati, meningkatkan investasi di daerah masing-masing. Muaranya adalah perbaikan perekonomian, masyarakat kecil, pengurangan pengangguran, dan peningkatan lapangan kerja.

Tak lupa, ia mengingatkan menciptakan birokrasi melayani. Pelayanan kepada masyarakat yang cepat, mudah dan murah serta penerapan teknologi informasi.

Komentar