Kamis, 29 Februari 2024

Balai Bahasa Jateng Anugerahkan Penghargaan Prasidatama 2023

Dani Agus
Selasa, 26 September 2023 08:28:00
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Prasidatama 2023. (balaibahasajateng.kemdikbud.go.id)

Murianews, Kota Pekalongan – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Prasidatama 2023. Acara penganugerahan Penghargaan Prasidatama diselenggarakan di Hotel Nirwana, Pekalongan, Senin (25/9/2023).

Penghargaan ini diberikan kepada instansi/lembaga dan perorangan yang menerapkan penggunaan bahasa secara baik dan benar dalam beberapa ranah penggunaan di wilayah Provinsi Jawa Tengah, tokoh yang aktif dan bergiat dalam kesastraan di Jawa Tengah, serta kepada buku sastra bermutu.

Penghargaan Prasidatama 2023 meliputi (1) Tokoh Bahasa; (2) SMA/SMK/MA Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik; (3) Lembaga Pemerintah Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik; (4) Hotel Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik; (5) Tokoh Sastra; (6) Antologi Puisi; (7) Antologi Cerpen; (8) Manuskrip Drama; (9) Novel Berbahasa Indonesia; dan (10) Novel Berbahasa Jawa.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz, mengatakan bahwa Badan Bahasa beserta Balai dan Kantor Bahasa diberi amanat untuk melakukan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia. Aminudin juga mengatakan bahwa fokus program Badan Bahasa hanya tiga, yakni literasi, pelindungan bahasa dan sastra daerah, serta melakukan penginternasionalan bahasa Indonesia.

”Penghargaan ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan karya Bapak/Ibu sastrawan dan kerja keras Bapak/Ibu pemangku kepentingan di sekolah, kampus, dan instansi dalam pembinaan bahasa dan sastra. Tahun-tahun yang akan datang, kami ingin membawa karya sastra lokal ke ajang dunia sehingga mereka dapat berkarya lebih baik lagi,” ujar Aminudin saat membuka acara penganugerahan Penghargaan Prasidatama, dilansir dari laman Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023).

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Syarifuddin, mengatakan bahwa Penghargaan Prasidatama ini diharapkan menjadi simbol komitmen Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi pemerintah untuk melaksanakan pembangunan nasional di bidang kebahasaan dan kesastraan di Jawa Tengah.

”Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah akan tetap mengawal peningkatan mutu kebahasaan dan kesastraan serta pemakaian dan apresiasinya, serta peran bahasa dan sastra dalam membangun ekosistem pendidikan dan kebudayaan. Kami juga mengajak keterlibatan para pemangku kepentingan dalam upaya pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra,” kata Syarifuddin.

Penerima dan Nomine Penghargaan Prasidatama 2023:

Kategori Bahasa: SMA/SMK/MA Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik

Penerima Penghargaan: MAN 1 Grobogan

Kategori Bahasa: Hotel Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik

Penerima Penghargaan: Hotel Kesambi Hijau

Kategori Bahasa: Lembaga Pemerintah Pengguna Bahasa Indonesia Terbaik

Penerima Penghargaan: Sekretariat Daerah Kabupaten Grobogan

Kategori Sastra: Antologi Puisi Terbaik

Penerima Penghargaan: Surat Sore Hari karya A. Musabbih, penerbit Lotus Publisher

Kategori Sastra: Antologi Cerpen Terbaik

Penerima Penghargaan: Desis Ular di Malam Anugerah Sastra karya Panji Sukma, penerbit Sirus Media, Karanganyar

Kategori Sastra: Novel Berbahasa Indonesia Terbaik

Penerima Penghargaan: Kalibening karya Jusuf AN, penerbit Bimalukar Kreativa, Wonosobo

Kategori Sastra: Manuskrip Drama Indonesia Terbaik

Penerima Penghargaan: “Gentho” karya Dewanto Amin Sadono

Kategori Sastra: Novel Berbahasa Jawa Terbaik

Penerima Penghargaan: Sing Kendhang lan sing Ngandhang karya Suryadi Warna Sukarja, penerbit Kanaka Media, Surabaya

Kategori Tokoh Bahasa Indonesia:

Penerima penghargaan adalah Drs. Eko Sulistyo

Kategori Tokoh Sastra Indonesia:

Penerima penghargaan adalah Indah Darmastuti.

Komentar