Jumat, 1 Maret 2024

Suka Baca Buku? Ini Perpustakaan di Solo yang Wajib Dikunjungi

Dani Agus
Selasa, 26 September 2023 10:52:00
Ilustrasi perpustakaan (freepik.com)

Murianews, Solo – Kota Surakarta atau Solo dikenal memiliki banyak potensi wisata yang menawan. Terutama wisata sejarah dan kebudayaan yang tak terhitung banyaknya.

Tak hanya itu, banyak juga bangunan bersejarah hingga kuliner yang ada di kota Solo. Nah, bagi yang hobi baca buku, ada beberapa perpustakaan yang bisa jadi jujugan saat dolan ke Solo.

Berikut rekomendasi perpustakaan di Solo, dilansir dari laman Pemkot Surakarta, Selasa (26/9/2025).

Kantor Arpusda

Lokasinya ada di Jalan Kepatihan Nomor 3, Surakarta. Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Solo yang dikenal sebagai Kantor Arpusda, adalah salah satu perpustakaan utama di kota ini.

Dengan koleksi mencapai sekitar 44.537 judul buku, kalian akan dimanjakan dengan beragam pilihan. Terlebih lagi, fasilitas internet gratis siap digunakan oleh siapa saja. Lingkungan perpustakaan yang nyaman dan suasana yang tenang menjadikannya tempat ideal untuk berlama-lama menikmati novel atau buku-buku lainnya.

Taman Cerdas

Taman Cerdas adalah tempat yang dirancang khusus untuk memajukan warga Solo dan mendukung program Kota Layak Anak. Di sini, kalian akan menemukan panggung, taman bermain, perpustakaan, ruang IT, dan fasilitas internet gratis. Selain itu, beberapa patung wayang terkenal juga menghiasi lokasi ini, memberikan nuansa seni yang unik. Suasana yang nyaman di Taman Cerdas menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk bersantai dan menikmati buku favoritmu.

Perpustakaan Kampung

Perpustakaan Kampung tersebar di berbagai kelurahan di Surakarta, Perpustakaan Kampung merupakan proyek di bawah naungan Arpusda. Meskipun berada di kelurahan setempat, perpustakaan ini terbuka untuk siapa saja. Pengunjung dapat dengan bebas menikmati fasilitasnya, seperti membaca dan meminjam buku. Inilah kesempatan bagus untuk berbagi cinta akan buku dengan komunitas sekitar.

Bemo Pustaka

Pemerintah Kota Surakarta, melalui Kantor Arpusda, telah menghadirkan inovasi berupa perpustakaan keliling untuk warga Solo. Kendaraan bemo yang dilengkapi dengan koleksi buku menjelajahi kota, dikenal sebagai Bemo Pustaka. Saat ini, ada empat mobil perpustakaan keliling yang menjangkau sekolah-sekolah terpencil dan area-area populer seperti tempat wisata Solo dan lokasi car free day. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menemukan perpustakaan di jalan-jalan kota.

Monumen Pers

Selain menjadi destinasi sejarah yang menarik, Monumen Pers di Solo juga menawarkan perpustakaan yang menarik. Terletak di lantai kedua gedung ini, perpustakaan ini menyediakan berkas-berkas koran yang telah didigitalisasi. Ini membuat pencarian arsip-arsip koran lama menjadi lebih mudah dan efisien. Jadi, jika kamu memiliki minat dalam sejarah pers, ini adalah tempat yang tepat untukmu.

Komentar