Jumat, 23 Februari 2024

Hamil 6 Bulan, Ibu di Banyumas Nekat Curi HP

Supriyadi
Senin, 31 Juli 2023 09:57:00
Ilustrasi wanita diborgol (Freepik)

Murianews, Banyumas – Seorang ibu muda di Banyumas, Jawa Tengah berinisial EN yang tengah hamil enam bulan nekat mencuri handphone (HP) di salah satu kios komplek Pasar Karanglewas. Aksi nekat tersebut dilakukan lantaran pelaku mengaku kekurangan uang.

Kapolsek Purwokerto Barat AKP Mugiono mengatakan, aksi pencurian tersebut terjadi Minggu (11/6/2023) lalu. Sementara ungkap kasus dilakukan Jumat (28/7/2023) lalu.

”Jadi Jumat (28/7/2023) kita ungkap kasus pencurian di kios Pasar Karanglewas. Pencurian yang dilakukan adalah pencurian HP,” katanya dalam siaran pers di laman Humas Polri, Senin (31/7/2023).

Ia menjelaskan, ungkap kasus tersebut berawal saat korban LW melaporkan telah kehilangan satu unit handphone merk Oppo Reno serie 7 warna silver seharga Rp 5 juta pada hari Minggu (11/6/2023).

Kepada petugas, korban dan istrinya menyampaikan bahwa mereka mencurigai EN seorang perempuan pembeli terakhir yang juga merupakan pelanggan di kios miliknya. Sebelumnya, oleh istri korban handphone tersebut diletakan di atas dagangan frozen food dekat kasir.

Atas dasar keterangan korban, tim bergerak meminta keterangan saksi SUK yang merupakan tetangga dari EN. Dari SUK didapati keterangan bahwa pada sekitar tanggal (14/6/2023) EN pernah menawarkan handphone tersebut untuk dibeli. Namun SUK tidak membelinya karena tidak memiliki cukup uang.

”Dari keterangan yang di dapat, kemudian tim melakukan pemanggilan kepada EN untuk dimintai keterangan. Saat dimintai keterangan inilah EN mengakui perbuatannya telah mengambil handphone korban tanpa izin,” ungkapnya.

Selain mengakui perbuatannya, pelaku juga mengakui handphone tersebut telah dijual dengan cara tukar tambah kepada seseorang secara online melalui aplikasi Facebook seharga Rp 1.350.000.

”Dijualnya Rp 1.350.000. Namun sistemnya tukar tambah. Dengan harga itu, pelaku mendapat handphone Oppo A12 seharga Rp 900.000 dan menerima uang tunai Rp 450.000. Kepada petugas uang itu diakui digunakan untuk memenuhi kebutuhan saat hamil,” terangnya.

Saat ini pelaku EN beserta barang bukti satu unit handphone merk Oppo A12 warna biru dan satu buah kotak dus book handphone Oppo Reno serie 7 warna silver berhasil diamankan.

”Untuk pelaku tidak dilakukan upaya paksa penahanan oleh penyidik, karena tidak ditemukan kekhawatiran subjektif penahanan. Dan kebetulan pelaku EN sedang hamil usia kandungan enam bulan,” jelasnya.

Ia pun menambahkan, melihat kondisi pelaku, pihaknya tengah berupaya menyelesaikan persoalan tersebut secara kekeluargaan atau restoratif justice. Saat ini proses tersebut masih diupayakan dengan merundingkannya dengan korban.

Komentar