Rabu, 28 Februari 2024

Ganjar: Pendidikan dan Perekonomian Penangkal Radikalisme

Supriyadi
Selasa, 29 Agustus 2023 16:16:00
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Tangkap Layar/YouTube NU Channel)

Murianews, Pekalongan – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengungkapkan pendidikan dan perekonomian menjadi pertahanan untuk menangkal radikalisme di Indonesia. Karena itu, dua hal tersebut wajib dioptimalkan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ganjar saat menghadiri pembukaan Muktamar Sufi Internasional 2023 di Sahid International Convention Center, Pekalongan, Jawa Tengah.

”Kalau membaca runtutan sidang komisi yang akan dilakukan, rasa-rasanya ini persis dengan spirit yang dibangun oleh kita semuanya. Yakni ini optimalkan dunia pendidikan, perekonomian sebagai pertahanan untuk menangkal radikalisme,” katanya, Selasa (29/8/2023).

Ganjar mengatakan spirit tersebut mesti dilakukan dengan meneladani ajaran para nabi dan wali yang hidup dengan penuh rasa welas asih atau murah hati. Kemudian, menebarkannya di lingkungan sekitar.

Menurut Ganjar, hal itu juga sesuai dengan budaya ketimuran yang selalu berkeyakinan bahwa puncak tertinggi spiritualitas seseorang ketika mendapat ilmu pengetahuan dengan cara-cara terbaik.

Ia pun mengajak para ulama sufi untuk menyebarkan ilmu-ilmu tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, semua warga yang hidup di Tanah Air bisa merasakan cinta tersebut.

”Tentu selain peran Habib Luthfi, dan tentu saja terlaksananya acara ini juga berkat peran besar dari Bapak Presiden Joko Widodo dalam rangka menjaga perdamaian dalam keragaman yang hidup di Indonesia,” tandasnya.

Ganjar pun mengucapkan selamat datang kepada ulama sufi Internasional dari Lebanon, Suriah, Mesir, Maroko, Senegal, Yaman, Palestina, Albania, India, hingga Pakistan di Jateng. Orang nomor satu di Jateng ini berharap Muktamar Sufi Internasional dapat berjalan lancar.

 

Komentar