Jumat, 1 Maret 2024

Temanggung Kejar Target Penerbitan 21 Ribu Sertifikat Tanah

Supriyadi
Senin, 2 Oktober 2023 16:51:00
Ilustrasi Sertifikat Tanah. (Murianews)

Murianews, Temanggung – Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung tengah mengejar target penerbitan 21 ribu sertifikat tanah hingga akhir tahun nanti. Target tersebut merupakan lanjutan Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kepala Kantor Pertanahan Temanggung Retno Kustiyah mengatakan, sebenarnya Kantor Pertanahan Kabupaten Temanggung mematok target penerbitan sertifikat untuk 44.000 bidang tanah saat PTLS tahun 2023 ini.

”Target total PTSL di Temanggung pada tahun 2023 sebanyak 44.000 sertifikat dan 23.000 sudah diterbitkan. Saat ini masih 21.000 dan masih dalam proses. Target kami, 21.000 sertifikat itu akan selesai semuanya di akhir tahun,” katanya dalam siaran pers di laman Pemprov Jateng.

Ia menyebutkan, dari keseluruhan bidang tanah di Temanggung sudah 60 persen kini yang telah bersertifikat. Jumlah capaian tersebut akan terus digenjot melalui program serupa.

”Oleh karena itu, kami gencar menyosialisasikan program tersebut kepada warga yang belum mendaftar agar segera mendaftar. Dengan adanya program ini perlahan mengurangi (jumlah tanah yang terdaftar), semua akan terdaftar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, PTSL adalah program strategis nasional untuk membangun data bidang tanah berkualitas, sehingga seluruh bidang tanah dapat terdaftar secara lengkap dan akurat.

”Sejauh ini, penyuluhan terus dilakukan ke desa-desa. Kami tidak memungkiri, peran aktif masyarakat menentukan kunci kesuksesan PTSL,” tandasnya.

Komentar