Jumat, 23 Februari 2024

Ini Kata Polda Jateng Soal Pemeriksaan Kapolrestabes Semarang

Supriyadi
Senin, 9 Oktober 2023 16:50:00
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto. (Tribratanews Polda Jateng)

Murianews, Semarang – Pemeriksaan Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar oleh Polda Metro Jaya dibenarkan Polda Jateng. Hanya saja, Polda Jateng mengaku tak tahu kasus apa yang menjerat perwira menengah tersebut.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto.

”Yang bersangkutan memang ada panggilan ke Jakarta, dalam hal ini Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan beberapa hari yang lalu,” kata Satake kepada wak media, Senin (9/10/2023).

Pihaknya pun mengaku tidak mengetahui pasti kasus apa yang menjerat Kapolrestabes Semarang tersebut. Satake hanya menyebutkan Irwan diperiksa untuk memberi keterangan sebagai saksi.

”(Soal kasus) ya Polda Metro. Kita hanya membenarkan panggilan yang bersangkutan untuk dimintai keterangan sebagai saksi Metro," imbuhnya.

Meski begitu, pihaknya mendukung penuh apa yang dilakukan Polda Metro Jaya. Pihaknya pun memastikan, sewaktu-waktu ada panggilan kembali, pihak Polda Jateng tak akan menghalang-halangi.

”Kalau yang bersangkutan ada pemeriksaan lanjutan, Polda memberi peluang itu. Kalau ada panggilan dipersilakan saja, men-support lah,” tambahnya.

Sebelumnya, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar diperiksa Polda Metro Jaya. Ia diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK ke mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri mengatakan Kombes Irwan diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut. Selain itu, pihaknya juga memeriksa lima orang lagi sebagai saksi, termasuk SYL.

”Benar (Kapolrestabes Semarang) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan,” katanya seperti dilansir dari Detik.com, Senin (9/10/2023).

Klarifikasi tersebut, lanjutnya, dimungkinkan akan terus dilakukan. Pihaknya juga mengaku tak menutup kemungkinan untuk meminta keterangan lagi terhadap Kapolrestabes Semarang.

Apalagi, pihak Polda Metro sudah meningkatkan status kasus tersebut menjadi penyidikan. Karena itu, keterangan saksi sangat diperlukan untuk menggali data.

”Setelah tahap sidik ini, akan diagendakan pemanggilan terhadap yang bersangkutan untuk dimintai keterangan sebagai saksi,” ujarnya.

Komentar