Rabu, 28 Februari 2024

3 Tahun, Jateng Bangunkan 1.400 Rumah untuk Warga Miskin

Supriyadi
Jumat, 20 Oktober 2023 20:45:00
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana saat meninjau bantuan program tuku Lemah Oleh Omah di Kendal. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Semarang – Pemprov Jateng mencatat ada 1.400 rumah warga miskin yang dibangun melalui program Tuku Lemah Oleh Omah. Jumlah tersebut merupakan jumlah akumulasi selama tiga tahun terakhir.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana mengatakan, ribuan rumah tersebut tersebar di seluruh Jawa Tengah. Sasarannya, adalah Masyarakat dengan kategori sangat miskin dan kesulitan untuk membangun rumah.

”Jadi hingga September 2023, tercatat sudah lebih dari 1.400 unit rumah yang dibangun melalui program ini. Khusus tahun 2023 sudah terbangun sekitar 699 unit rumah dari target 1.024 unit,” katanya.

Nana Sudjana menjelaskan, program Tuku Lemah Oleh Omah sudah berjalan sejak tahun 2020.  Selama tiga tahun berjalan, program ini menjadi salah satu program unggulan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di Jateng.

”Jadi, program ini sesuai dengan upaya Pemprov Jateng dalam penuntasan atau penanggulangan kemiskinan, khususnya kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah. Kami berkomitmen program Tuku Lemah Oleh Omah akan terus berlanjut setiap tahunnya,” tegasnya.

Nana menambahkan, untuk mendapatkan program ini, para calon peserta harus memiliki beberapa persyaratan. Yakni harus mempunyai tanah yang resmi, masuk dalam kategori masyarakat miskin dan tidak memiliki pekerjaan tetap.

”Jadi program ini tidak asal. Kita koordinasikan betul dengan apparat desa supaya tepat sasaran,” tandasnya.

Komentar